Jakarta, CNN Indonesia

Puncak arus balik para pemudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung diprediksi ASDP Indonesia Ferry bakal terjadi pada 13-14 April.

Menurut ASDP arus balik kategori penumpang di Pelabuhan Bakauheni telah meningkat sejak 12 April, yakni 41.756 orang diseberangkan dalam waktu 12 jam. Angka itu meningkat dari 11 April yang catatannya 41.280 orang dalam waktu 24 jam.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara kargo sepeda motor yang diseberangkan pada 12 April mencapai 3.714 unit dan mobil 5.908 unit.

Sekretaris PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan kepadatan penumpang di Pelabuhan Bakauheni diperkirakan bakal terjadi pada 13-14 April.

Diperkirakan (puncak arus balik) Sabtu, Ahad, tapi kami masih melihat,” katanya, Sabtu (13/4), diberitakan Antara.

“Tapi kami mendengar katanya ada kemungkinan perpanjangan cuti bersama, kami masih menunggu untuk itu. Kalau ada perpanjangan cuti bersama mungkin arus penumpang bisa terbagi,” ucap dia.

Pelabuhan Bakauheni merupakan titik pusat arus penyeberangan orang dan kendaraan mudik serta balik di ujung Pulau Sumatera. Tujuan utama penyeberangannya ke Pelabuhan Merak, Banten.

Selain itu ada pula Pelabuhan Panjang di Lampung yang terintegrasi dengan Pelabuhan Ciwandan, Banten. ASDP menyediakan total 66 kapal penyeberangan untuk melayani para pemudik di pelabuhan-pelabuhan itu.

Shelvy mengimbau para pemudik datang ke pelabuhan sesuai waktu keberangkatan menyesuaikan tiket, hal ini biar tak menimbulkan kepadatan antrean kendaraan di pelabuhan.

Saat ini ASDP memberlakukan kebijakan penghapusan masa berlaku tiket untuk 24 jam pertama selama periode 11-21 April atau selama musim mudik.

Para pemudik dikatakan tak perlu khawatir soal masa berlaku tiket sehingga tak perlu datang lebih awal.

(fea)


[Gambas:Video CNN]






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *