Jakarta, CNN Indonesia

PT Pertamina (Persero) menyatakan kesiapan menyambut Idulfitri 2024 dengan menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) RAFI (Ramadan dan Idulfitri) dalam dua periode, yakni pada 25-31 Maret dan 1-21 April.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan, Satgas RAFI merupakan lanjutan dari Satgas Natal dan Tahun Baru, serta Satgas Pemilu.

Pada periode pertama 25-31 Maret, Satgas RAFI berfokus pada penambahan stock, sementara untuk periode kedua 1-21 April, akan dihadirkan layanan tambahan di wilayah jalur mudik, daerah wisata, daerah rawan banjir dan daerah rawan bencana.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Adapun kesiapan stok, kami sudah menambah stok sejak Satgas Natal dan Tahun Baru. Saat ini stoknya jauh lebih tinggi untuk mengantisipasi lonjakan permintaan pada saat mudik Lebaran,” ujar Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (28/3).

Salah satunya, adalah stok Gasoline yang biasanya 18 hari, kini mencapai 30 hari. Sedangkan stok avtur mencapai 38 hari.

Tahun ini, Pertamina melalui Satgas RAFI bersiaga lewat 1.792 SPBU Siaga 24 jam, 61 titik Kiosk Pertamina Siaga, 54 Motorist, 200 Mobil Tangki Standby, 5.027 Agen LPG Siaga dan 6 titik Serambi Pertamina.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, Pertamina memproyeksikan jumlah pemudik bakal lebih tinggi daripada Idulfitri 2023. Nicke menjabarkan, jumlah 123 juta orang yang mudik tahun lalu diprediksi melonjak jadi 193,6 juta, atau ada sekitar 71 persen penduduk Indonesia yang mudik.

Untuk itu, Pertamina mempersiapkan stok yang cukup guna memenuhi kebutuhan energi selama Lebaran.

Nicke menambahkan, Pertamina juga melakukan pemantauan distribusi energi secara real time dengan memanfaatkan teknologi melalui Pertamina Integrated Enterprise Data and Command Center.

“Pemanfaatan digitalisasi, kami menggunakan command center dan juga database arus mudik tahun-tahun sebelumnya untuk menganalisa pergerakan orang sehingga kami bisa menentukan jumlah stok hingga per jenisnya untuk tahun ini,” ujar Nicke.

Persiapan Pertamina itu pun mendapat apresiasi dari Komisi VI DPR RI, yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji sebagai pimpinan RDP.

“Komisi VI mengapresiasi atas paparan dan persiapan Pertamina berkaitan dengan Satgas Ramadan dan Idulfitri dalam rangka menghadapi mudik lebaran 2024,” kata Sarmuji.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *